Langsung ke konten utama

Si Buntung, Buaya Putih Penjaga Sungai di Pangandaran


si-buntung-buaya-putih-penjaga-sungai-di-pangandaran

Cerita tentang sang Buntung, buaya putih penjaga sungai di daerah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, tidak asing untuk masyarakat setempat. Semacam apa ceritanya?

Bagi salah satu kasepuhan di Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Aki Ajib( 86), sungai di Kabupaten Pangandaran diyakini oleh kelompok supranatural mempunyai penjaga. Penjaganya bukan manusia, melainkan buaya.

" Kakek aku bernama Aki Adri. Waktu aku kecil, Aki Adri menjabat bagaikan nelayan serta mempunyai kemampuan dapat komunikasi dengan buaya," kata Aki Ajib.

Bagi Aki Ajib, sesuatu kala kakeknya menciptakan seekor buaya kecil yang lemah serta dalam keadaan enggak berdaya. Aki Adri juga memelihara buaya tersebut berbulan- bulan, sampai raga buaya itu normal.

" Dengan keahlian komunikasi yang ia miliki, kesimpulannya buaya putih tersebut menginginkan dilepas ke habitatnya," tambah Aki Ajib.

Aki Ajib menarangkan, saat sebelum melepas buaya putih itu, Aki Adri memotong ekor buaya tersebut serta memerintahkan buaya putih buat melindungi sungai di daerah Pangandaran, mulai dari hulu Sungai Wangkaronyok di Desa Selasari sampai Muara Karangtirta.

" Tidak hanya daerah tersebut, Aki Adri memerintahkan kepada buaya putih tersebut buat melindungi daerah Sungai Sagara Anakan yang terletak di Kabupaten Cilacap serta Sungai Pameungpeuk," jelasnya.

Aki Adri mengantarkan kepada Aki Ajib kalau buaya putih yang dilepas diberi nama sang Buntung. Semenjak seperti itu, sang Buntung jadi cerita rakyat.

" Sebagian kemampuan ilmu komunikasi dengan buaya yang dipunyai Aki Adri diturunkan kepada aku, sampai- sampai dalam musim- musim tertentu aku kerap dikunjungi utusan sang Buntung," kata Aki Ajib.

Bagi Aki Ajib, kehadiran sang Buntung terkadang susah diprediksi. Tetapi, umumnya sang Buntung berkunjung ke Aki Ajib dikala masa hujan ataupun apabila terdapat pesan yang amat berarti serta bertabiat menekan.

" Saat sebelum bulan puasa aku dikunjungi oleh utusan sang Buntung yang membagikan pesan supaya manusia yang melaksanakan kegiatan berenang di sungai yang terdapat di daerah Pangandaran buat menghargai nilai budaya serta beretika dikala melaksanakan kegiatan berenang," ucapnya.

Pesan utusan sang Buntung tersebut dapat aja berkaitan dengan peristiwa musibah yang terjalin di posisi objek wisata Citumang 5 bulan terakhir ini, yang sudah menelan 2 korban jiwa sampai wafat.

Objek wisata Citumang menggambarkan objek wisata yang mempunyai energi tarik spesial, ialah Sungai Citumang yang mengalir membelah hutan jati, dengan airnya yang bening kebiruan. Sedangkan, tepian sungai terdiri dari ornamen batu- batu cadas dengan relung dalam dihiasi relief alam serta aliran sungai yang menembus ke gua.

Aki Ajib mengaku pribadinya hendak melaksanakan ritual keselamatan berbarengan para pakar supranatural serta tokoh setempat supaya enggak terdapat lagi musibah di posisi objek wisata air yang dikala ini mulai ramai didatangi turis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Kurangi Screen Time Malam Hari

Diambil dari detikINET, ini ia 5 panduan sangat jitu buat kurangi screen time di malam hari biar dapat lebih kilat rehat. Aman berupaya!  1. Dengarkan podcast  Dibanding dengan menyaksikan tv ataupun film di internet, yang mana berarti menaikkan screen time lagi, bukan terdapat salahnya buat berpindah ke podcast bagaikan materi intermezo di malam hari. Lagipula, memanglah terdapat sebagian podcast yang didesain dengan cara spesial dalam menolong Kamu senantiasa tenang saat sebelum terlelap.  2. Pakailah internet blocker  Sesungguhnya apa sih yang bmembuat kita terpelihara di malam hari? Kerutinan scroll di laman Instagram bintang film favorit? Ataupun YouTube yang tidak sempat kehilangan film buat disakksikan?  Dengan aplikasi semacam Freedom, Kamu dapat memilah aplikasi ataupun web web mana aja yang mau Kamu membekukan, serta memutuskan waktu waktunya.  3. Metode klasik simpan jauh-jauh betul!  National Sleep Foundation merekomendasi buat merdeka dari

Muhammadiyah Terus Gugat UU Berpotensi Menyimpangi UUD

Muhammadiyah mendesak angka kritisnya kepada peperangan politik yang bertabiat efisien lewat kewenangan yang dijalani oleh partai politik serta pula badan resmi kenegaraan dengan sebaik bisa jadi, alhasil mengarah terciptanya skema politik yang demokratis dan beradat, yang setimpal dengan keinginan yang adiluhung kepada bangsa serta bernegara.  Begitu di informasikan oleh Delegasi Pimpinan Badan Tabligh PP Muhammadiyah, Fahmi Salim, lewat pidatonya pada hari Milad Muhammadiyah ke- 106 di PWM Jambi.  Begitu juga yang sudah jadi dasar antusias serta tujuan didirikannya negeri RI yang diproklamasikan di tahun 1945, tutur Fahmi, dalam insti biang pidatonya di dapat oleh Alat Hidayatullah. com.  “ Muhammadiyah dengan cara aktif sudah jadi kekokohan dalam memperekat bangsa serta berperan bagaikan alat angkut pembelajaran politik bugar mengarah pada kehidupan nasional yang tenteram serta berkeadaban,” terangnya.  “ Tanpa jerit“ Aku Indonesia”,“ Aku Pancasila”, Muhammadiy

Jual Buket Bunga di Medan Dengan Harga Murah

Jual Buket Bunga di Medan - Ada banyak metode yang bisa dipakai buat mengatakan perasaan. Terdapat yang mengatakan langsung lewat perkata. Serta terdapat pula yang mengatakan lewat aksi jelas. Namun kerap kali seorang mengarah lebih senang mengatakan perasaan lewat segenggam bunga. Tidak terdapat yang lebih manis dibanding membagikan rasa segan serta atensi melalui bunga. Membagikan bunga pada orang yang terkasih ialah suatu adat- istiadat yang telah dicoba sepanjang era ke- 20.  Walaupun kamu bukan mempunyai durasi ataupun duit buat membeli hadiah. Lumayan dengan membagikan sekebat bunga hendak mengantarkan semua perasaan kamu. Buket bunga ataupun bunga tangan ialah sekumpulan bunga yang di pangkat jadi suatu susunan bunga. Banyak orang di masa saat ini ini di tiap peluang dapat membagikan bunga. Bagus dikala balik tahun, keramaian anniversary, Valentine Days, serta apalagi tanpa alibi serupa sekali. Oleh karena seperti itu dikala ini terdapat banyak pedagang bunga bermuncul